Indonesia Ajukan Kebaya Jadi Warisan Budaya Ke UNESCO

- Rabu, 30 November 2022 | 19:37 WIB
Indonesia Ajukan Kebaya Jadi Warisan Budaya Ke UNESCO
Indonesia Ajukan Kebaya Jadi Warisan Budaya Ke UNESCO

 

elbaitsukabumi.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mencoba mendorong dan memperkuat keputusan pemerintah yang sepakat untuk mengusulkan kebaya sebagai Warisan Budaya Tak Benda UNESCO melalui mekanisme single nomination.

Baca Juga: Pemerintah Dorong Kebaya Jadi UNESCO Intangible Heritage Lewat Single Nomination

Sandiaga mengungkapkan, keputusan pemerintah tersebut berdasarkan hasil rapat antara Panitia Kesepuluh DPR RI, Dirjen Kebudayaan Kemdikbud, dan Wakil Menteri Koordinasi Revolusi Spiritual, Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO dan Komunitas Kebaya.

"Jadi kita tidak perlu berdebat soal kebaya lagi. Ini tentu budaya luhur putra putri bangsa dan diputuskan menjadi nominasi tunggal,” ujarnya di Jakarta.

KebayaBaca Juga: Kebaya Akan Didaftarkan Sebagai Warisan Budaya Oleh 4 Negara Ini ke UNESCO, Indonesia Ikut?

"Tentu kita akan dorong dan perkokoh kebaya untuk diakui oleh UNESCO. sebagai warisan budaya tak benda milik Indonesia untuk memajukan pergerakan ekonomi, serta menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat kita, meningkatkan taraf hidup mereka,” kata Sandiaga Uno.

Seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan Brunei, Kebaya dapat dinominasikan untuk Warisan Budaya Tak Benda UNESCO melalui nominasi tunggal dan nominasi multi-negara (bersama).

Baca Juga: Menteri PPPA: 'Kebaya Goes to UNESCO' Tekankan Perempuan Sebagai Agen Budaya Bangsa

Halaman:

Editor: Rudi Maulana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menag Kutuk Aksi Bakar Al Quran di Swedia dan Belanda

Jumat, 27 Januari 2023 | 14:00 WIB
X